Bimbingan teknis mental toughness dalam perolehan hasil akhir pertandingan pada siswa kelas khusus olahraga (KKO)

Downloads
Mental toughness adalah sekumpulan sikap, nilai, perilaku, dan emosi yang menjadikan seorang individu dapat bertahan dan menghadapi berbagai kendala, rintangan, ataupun tekanan yang dirasakan akan tetapi tetap mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Kelas Khusus Olahraga (KKO) merupakan sebuah kegiatan ko-kurikuler yang dimaksudkan supaya minat dan bakat siswa semakin meningkat untuk menjadi atlet potensional di masa mendatang. Ada berbagai faktor yang berkaitan dengan mental toughness terkait pengembangan diri melalui tantangan, kesadaran olahraga dari para siswa, bagaimanakah sikap ataupun perilaku siswa pada saat menghadapi tekanan, dan keinginan ataupun semangat siswa dalam menggapai pertandingan. Hasil wawancara beberapa siswa KKO, terdapat 70 % siswa KKO belum memahami tentang mental toughness, maka perlu diadakannya bimbingan teknis terkait mental toughness. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini terlaksana berkat kerja sama dari dosen Fakultas Ilmu Keolahragan dan Kesehatan (FIKK), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai narasumber dan penanggung jawab Kelas KKO Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) I Kalasan, Kabupaten Sleman. Kegiatan dilakukan secara teori maupun praktek pada tanggal 10-11 Juli 2024 bertempat di SMPN I Kalasan dengan peserta seluruh siswa, pelatih, dan guru olahraga yang menangani KKO di SMPN 1 Kalasan yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari 6 Pelatih, 2 orang Guru Olahraga, dan 42 siswa KKO. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 92% siswa KKO sangat membutuhkan bimtek mental toughness dalam menghadapi pertandingan, sisanya 8 siswa KKO membutuhkan pendampingan bimtek mental toughness lanjutan dalam menghadapi pertadingan.
Agus, M. (2010). Artikel Pokok-Pokok Pikiran Manajemen Kelas Olahraga. Jakarta: Asdep Penerapan Iptek Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
Akbar, I. (2019). Ketangguhan Mental Pada Atlet Sepakbola di Surakarta. SKRIPSI. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/75268/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Algani, P. W., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Mental toughness dan competitive anxiety pada atlet bola voli. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 93-101. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5433
Anggun, P.W. (2012). Pegelolaan Kelas Khusus Olahraga di SMPN I Kalasan. SKRIPSI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/75268/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Braden, V. & Wool, R. (1993). Mental Tennis: How to Psych Yourself to a Winning. Canada: Little, Brown and Company SP.
Cashmore, E. (2008). Sport and exercise psychology: The key concepts. Routledge.
Connaughton, D., Wadey, R., Hanton, S., & Jones, G. (2008). The development and maintenance of mental toughness: Perceptions of elite performers. Journal of sports sciences, 26(1), 83-95. https://doi.org/10.1080/02640410701310958
Coulter, T. J., Mallett, C. J., & Gucciardi, D. F. (2010). Understanding mental toughness in Australian soccer: Perceptions of players, parents, and coaches. Journal of sports sciences, 28(7), 699-716. https://doi.org/10.1080/02640411003734085
Cowden, R. G. (2017). On the mental toughness of self-aware athletes: Evidence from competitive tennis players. South African Journal of Science, 113(1-2), 1-6. https://doi.org/10.17159/sajs.2017/20160112
Crust, L., & Clough, P. J. (2005). Relationship between mental toughness and physical endurance. Perceptual and motor skills, 100(1), 192-194. https://doi.org/10.2466/pms.100.1.192-194
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dirjen Mendikdasmen. (2010). Panduan Pelaksanaan Program Kelas Olahraga. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Gandrapu, A., & Rakesh, K. R. (2024). Sports Psychology: Mental Skills Training and Performance Enhancement Strategies for Athletes. Innovations in Sports Science, 1(3), 1–4. https://doi.org/10.36676/iss.v1.i3.13
Gucciardi, D. F., Gordon, S., & Dimmock, J. A. (2008). Towards an understanding of mental toughness in Australian football. Journal of applied sport psychology, 20(3), 261-281. https://doi.org/10.1080/10413200801998556
Gucciardi, D. F., Gordon, S., & Dimmock, J. A. (2009). Development and preliminary validation of a Mental toughness inventory for Australian football. Psychology of Sport and Exercise, 10(1), 201– 209. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2008.07.011
Jones, G. (2010). What Is This Thing Called Mental toughness? An Investigation of Elite Sport Performers. Journal of Applied Sport Psychology, 14(3), 205–218. https://doi.org/10.1080/10413200290103509.
Jones, G., Hanton, S., & Connaughton, D. (2002). What is this thing called mental toughness? An investigation of elite sport performers. Journal of applied sport psychology, 14(3), 205-218. https://doi.org/10.1080/10413200290103509
Kumar, A. (2017). A Comparative Study of Mental toughness between Team orts and Individual Sports. International Journal of Physical Education, 4(5), 182184.
Kumar, P., & Shirotriya, A. K. (2010). ‘Sports psychology’a crucial ingredient for athletes success: conceptual view. British Journal of Sports Medicine, 44(Suppl 1), i55-i56. https://doi.org/10.1136/bjsm.2010.078725.186
Lin, C. H., Lu, F. J., Chen, T. W., & Hsu, Y. (2022). Relationship between athlete stress and burnout: a systematic review and meta-analysis. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 20(5), 1295-1315. https://doi.org/10.1080/1612197X.2021.1987503
Sardiman. (2001), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2025 Sugeng Purwanto, Sujarwo, Agus Supriyanto, Yuyun Ari Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.